• RSS
Latest Post

Minggu, 13 Juli 2014

Tanda Kampas Kopling Motor Bermasalah

in otomotif
Sepeda motor manual kendaran otomotif merupakan memiliki salah satu komponen yang harus diperhatikan yaitu kampas kopling karena sangat penting dalam beroperasi-nya mesin sepeda motor tersebut. Kampas kopling berfungsi sebagai pemutus dan penghubung antara mesin dengan transmisi pada saat melakukan perpindahan gigi supaya perpindahan gigi tersebut menjadi halus. 

Banyak bagian yang terdapat pada kopling namun yang harus diperhatikan utama adalah kampas kolping karena, sering mengalami kerusakan akibat pemakaian. Ketika terjadi kerusakan pada kampas kopling performa sepeda motor akan berkurang. Sehingga bagi anda pengguna motor manual harus memahami ciri–ciri dari kerusakan kampas kopling. Berikut ini adalah tanda- tanda kerusakan pada kampas kopling yang harus diketahui pengguna motor manual :


  • Berkurangnya akselerasi, menjadi indikasi awal ketika kampas kopling mengalami masalah. Ini ditandai ketika perpindahan gigi terdengar suara keras pada bagian mesin. Kemudian ketika tuas gas gas dibuka tidak terasa akselerasi dari tenaga mesin tersebut. Penyebabnya adalah kampas kopling sudah mulai tipis sehingga harus diganti dengan yang baru.
  • Setelan tuas kopling, dimana ketika tuas kopling ditekan terlalu dalam berarti kampas kopling tersebut sudah mulai tipis. Sehingga ketebalan kampas kopling ini sangat penting untuk diperhatikan dalam menjaga performa sepeda motor anda.
  • Terjadi selip pada waktu perpindahan gigi, ketika sepeda motor dikendarai artinya terjadi permasalahan pada kopling. Hal ini disebabkan oleh kampas rem yang sudah terlalu tipis sehingga harus diganti.
  • Tarikan motor melemah, menjadi tanda bahwa kopling dari sepeda motor itu melemah. Karena kopling yang tidak dapat bekerja secara maksimal akan membuat sepeda motor kehilangan tarikan pada saat perpindahan gigi. Ketika terjadi masalah ini sebaiknya segera dibawa ke bengkel terdekat yang biasa anda pilih untuk menyervis sepeda motor tersebut.

Beberapa ciri yang dipaparkan diatas akan memudahkan anda untuk mengenali permasalahan pada kopling sepeda motor. Karena kondisi kopling yang bermasalah bisa mengganggu anda saat berkendara. Dengan demikian anda harus memperhatikan kondisi sepeda motor demi keselamatan dalam berlalu lintas. Sebaiknya anda menggunakan kampas kopling yang asli untuk menjaga performa dalam kinerja sepeda motor tersebut. Meskipun harganya mahal namun, memiliki usia lebih lama daripada kampas kopling imitasi.