• RSS
Latest Post

Sabtu, 19 Juli 2014

Jenis - Jenis Software

in komputer
Jenis - Jenis Software - Seiring dengan perkembangan software (perangkat lunak), bisa dibayangkan tentang bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan software. Bentuk dari software yang paling primitive dengan menggunakan aljabar Booelan, direpresenstasikan sebagai bit (binary digit). Kemudian bit dikelompokkan menjadi empat diantaranya , nible (4 bit), byte (8 bit), doubleword(32 bit), dan word (2 byte). 

Kelompok tersebut disusun dalam instruksi struktur seperti penyimpanan, operasi logika, transfer, dan akhirnya bentuk bit tersebut di ubah menjadi kode dikenal sebagai assembler. Sekarang pembuatan software sudah menjadi sebuah proses produksi sangat kompleks, dengan urutan panjang yang melibatkan ratusan orang dalam pembuatan nya.





Beberapa jenis software aplikasi diantaranya adalah, Word processing (Pengolah Kata), Program Spreadsheet, Program Database, Publisher, Program CAD, dan Aplikasi multimedia :

  1. Word Processing adalah program aplikasi yang mengoperasikan texbased atau menggunakan text artinya hanya mengolah kata saja , contohnya Microsof Word, Word Perfect, Word Star, Chiwriter, dan Wordstar Profesional.
  2. Program SpreadSheet adalah program aplikasi yang memiliki fungsi di bidang pembukuan mampu melakukan perhitungan dengan otomatis atau menggunakan kode atau rumus tertentu. Contohnya adalah, Ms.Excel,Lotus 123,Supercheck, dan Quarto.
  3. Program Database adalah suatu program aplikasi berfungsi untuk membuat atau merancang dan mengelola DATABASE. Contohnya seperti, MySql, Ms.Acces, SQL Server,Oracle.
  4. Publisher atau Program Layout artikel merupakan sebuah program aplikasi bertugas untuk mengatur tata letak suatu obyek yang digunakan pada media elektronik/cetak. Contoh , ventura, Newmaster,Pagemaker, Harvard Publisher.
  5. Program CAD (Computer AidedDesign) adalah sebuah program aplikasi berfungsi sebagi media menggambar atau melukis. Contohnya seperti, Auto Cad, Pro Design, Corel Draw, dan AdobePhotoshop.
  6. Aplikasi Multimedia adalah aplikasi yang mempunyai program yang beragam. Umumnya aplikasi multimedia ini dipisahkan menurut format – format multimedia digital. Aplikasi Multimedia tersebut seperti, Windows Media Player, Winamp, GomePlayer, Media PlayerClasic – Home cinema, dan RealPlayer. 

Beberapa jenis – jenis softwarediatas yang didukung dan bisa dijalankan dalam komputer maupun laptop. Namun tidak sedikit pula jenis software baru yang bisa di install di PC kesayangan anda.