• RSS
Latest Post

Kamis, 17 Juli 2014

Tips Berkendara Sepeda Motor Aman Diwaktu Hujan

in otomotif , tips menarik
Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan demi kelangsungan aktivitasnya sehari–hari. Alat transportasi yang satu ini memang efektif dimana lebih irit bahan bakar daripada menggunakan kendaraan beroda empat. Meskipun memiliki berbagai keunggulan sepeda motor memiliki kekurangan di waktu musim hujan dimana penggunanya harus menerjang air hujan dalam berkendara. Resiko ini harus diterima oleh pengguna sepeda motor sehingga mereka sering kali menunda kepergian nya pada saat hujan dan menunggu hujan reda untuk pergi. 

Kemudian menggunakan jas hujan ketika ditengah perjalanan turun hujan. Namun, ketika anda harus pergi diwaktu hujan perhatikanlah beberapa tips aman untuk berkendara di waktu hujan berikut ini :

1. Gunakan jas hujan baju dan celana, karena model jas hujan seperti ini akan lebih nyaman saat digunakan berkendara. Sebaiknya hindari penggunaan jas hujan model ponco ketika anda berkendara sendirian. Karena resiko kecelakaan cukup besar ketika jas hujan tersebut menyangkut pada rantai sepeda motor.
2. Perhatikan ukiran ban pada sepeda motor anda, karena jalanan yang basah sering kali membuat cengkraman ban dengan aspal berkurang. Sehingga anda harus memperhatikan ukiran ban untuk mencegah terjadi terpeleset dan jatuh pada saat berkendara. Dengan demikian ketika ukiran ban sudah mulai halus sebaiknya lakukan ganti ban supaya keamanan dan kenyamanan dalam berkendara tetap terjaga.
3. Hindari untuk melakukan rem mendadak, artinya anda harus berkendara dengan kecepatan rendah supaya tidak terjadi rem mendadak. Karena kondisi jalanan yang basah dengan air hujan bisa menyebabkan ban selip bahkan tergelincir ketika sepeda motor di rem secara mendadak.
4. Waspada dengan kondisi jalanan, dimana pada saat hujan genangan air sering dijumpai. Genangan air tersebut bisa menutupi jalanan yang berlubang, dan untuk mencegah terjadinya kecelakaan anda harus waspada dengan adanya genangan air di jalanan. Gunakan kecepatan rendah supaya tidak terjadi kecelakaan.

Beberapa tips aman untuk berkendara pada waktu hujan harus diketahui oleh setiap pengendara motor. Tujuannya supaya mereka lebih berhati–hati dalam perjalanan sehingga kecelakaan tidak akan terjadi.